Sunday, November 24, 2013

pengenalan masjid sejak dini

Beberapa bulan belakangan ini saya mengamati salah beberapa jama'ah masjid di deket kos di Bandung.
Ada salah satu jama'ah, seorang bapak yang membawa putranya yang masih balita (sekitar umur setahun lebih kira-kira) bersama-sama ikut sholat berjama'ah. Dengan tlaten, kadang bapak tersebut menggendong putranya sambil sholat, kadang membiarkan lari-lari, atau duduk dipangkuannya ketika tasyahud.
Ada bapak yang lain, yang tiap kali jama'ah, 2 orang putranya (seumuran anak TK dan SD) selalu ikut. Hampir tiap waktu sholat (kecuali subuh), 2 orang anak tersebut selalu kelihatan nongol diantara deretan shaff, bersama-sama dengan teman sebayanya pula.
Salah satu pendidikan keluarga yang mungkin sebagian orang menganggap itu sepele, tapi bagi saya itu adalah salah satu panutan yang harus di tiru, dipelajari. Mengenalkan sholat sejak balita, mengenalkan masjid, mengenalkan apa itu berjama'ah, termasuk mengenalkan bagaimana bersosialisasi.
Mungkin ini adalah salah satu contoh dan praktek buku yang kemarin saya baca, "Sudahkah aku jadi orang tua shaleh?". Mendidik anak tanpa harus diteriaki, diminta, digurui, dipaksa, dll, tapi memberi teladan, menginsipirasi, memberitahu, dan yang jelas membentuk habit secara perlahan :). Anak akan jadi menjadi terbiasa sholat, terbiasa ke masjid, terbiasa berjama'ah.

No comments: