Tuesday, November 19, 2013

pre-review "Sudahkah aku jadi orangtua shaleh?"

Skalian posting ini deh :D
Beberapa minggu yang lalu (3 minggu tepatnya), iseng-iseng bukain twitter salah satu motivator .  Eh, ternyata di salah satu linimasanya ada rekomendasi buku bagus buat dibaca judulnya adalah "Sudahkah aku jadi orangtua shaleh?". Alhasil jadi penasaran minggu berikutnya mencoba ngubek-ngubek Gramedia depan BIP Bandung. Dan.. I'm not the lucky one, karena ternyata bukunya udah habis. Minggu berikutnya lagi nyoba browisangan nyari penerbiatnya dan order di penerbitnya langsung, dan alhamdulillah nyampe ditangan dalam beberapa hari.
Sebenernya sampai sekarang belum sempat membaca secara lengkap sih, karena masih ada PR membaca beberapa buku yang belum dituntaskan + tugas kuliah + baca paper + ngerjain tesis (yang terbengkelai), jadi mungkin tulisan ini hanya sekedar "judge the book from the cover", atau "judge the book from another reviewer" :D

Ok, beberapa chapter yang saya baca dari buku ini isinya sangat bagus, I mean, tidak hanya memberi gambaran dari sisi psikologis saja tentang bagaimana karakter anak, bagaimana mendidik anak, bagaimana memberi teladan bagi anak, dll, tetapi yang lebih utama adalah dari sisi agama. Bagaimana menanamkan aqidah dan akhlak kepada anak, tanpa harus membentak, tanpa harus memberikan paksaan, dll. Pembahasanya cukup ringan dan banyak disertai contoh kasus :). Intinya sebagai orang tua, harus paham dengan benar bagaimana mendidik, bagaimana membangun karakter anak, dan bagaimana membangun mental anak, mulai dari masa kandungan hingga beranjak dewasa. Tentu saja semuanya itu dikembalikan pada dasar agama.

For my last conclusion, buku ini sangat bagus, dan wajib menjadi salah satu referensi bagi orang tua dan calon orang tua :)
So, Sudahkah aku jadi (calon) orang tua shaleh? !!!

No comments: