Friday, February 7, 2014

(Mencoba) mapping jurnal dengan tool FreeMind

Dalam suatu proses riset, ternyata pekerjaan ngumpulin jurnal, baca, menentukan paper relevan atau tidak, kemudian proses "squeezing " jurnal menjadi suatu ide atau topik yang baru lumayan memusingkan. Dari kumpulan paper yang ada, harus bisa ditentukan apakah paper tersebut masuk ke topik riset yang diangkat atau tidak. Kemudian mengelompokan jurnal tersebut ke sub bahasan yang terkait dengan topik juga bukan perkara yang mudah. Nah permasalahannya kalau kita diminta mengingat-ingat jurnal tersebut masuk sub bahasan apa yang sangat susah, apalagi kalau jurnalnya gak cuman satu, tapi ada puluhan

Nah tiba-tiba teringat satu tool yang sering dipakai buat mapping suatu ide, dan poin-poin penting dari ide tersebut ke dalam suatu bentuk visual. Kenapa musti bentuk visual, karena menurut yg mengembangkan tools tersebut, suatu model visual lebih mudah diingat dari pada bentuk teks. Tools ini namanya "mind map" dan saya mencoba menggunakan FreeMind pada Linux Ubuntu.

Jadi idenya, saya pingin "ide tentang suatu riset" dipecah/ di-mapping ke dalam beberapa kata kunci, dan tiap kata kunci  itu memetakan paper mana saja yang relevan terhadap kata kunci itu. Bagaimana hasilnya?? Let's try it!!

No comments: