Monday, November 17, 2014

Give to Get

Bismillah,
Ada salah satu algoritma yang menarik di dalam sebuah sistem Peer to Peer (apa itu P2P?), terutama yang memanfaatkan protokol Bittorrent (apa itu Bittorrent?), yaitu Give to Get [1]... Algoritma ini merupakan salah satu algoritma peer selection (algoritma pemilihan peer mana yang akan diberikan data oleh suatu peer berdasarkan aturan tertentu), yang merupakan pengembangan dari algoritma standar yang ada di Bittorrent, yaitu Tit-for-Tat. Nah ide dari munculnya algoritma Give to Get ini ada karena algoritma Tit-for-Tat yang terdapat pada protokol Bittorrent tidak mampu menangani permasalahan penentuan peer secara adil oleh sebuah sistem Bittorrent ketika menangani data streaming (karena dikembangkan untuk menangani data biasa)..

Secara sederhana perbedaan Tit-for-Tat dengan Give-To-Get yaitu: pada Tit-for-Tat suatu peer cenderung akan memberikan data kepada peer lain yang juga memberikan data ke dia. Sedangkan pada Give-To-Get, suatu peer akan memberikan data ke peer lain, dimana peer lain tersebut juga telah memberikan data ke peer yang lainnya..... Bingung? (garuk-garuk kepala...)
Intinya kalau Tit-for-Tat akan memberikan data ke peer yang juga berkontribusi ke dirinya, sedangkan Give-to-Get akan memberikan data ke peer yang telah berkontribusi ke peer yang lain.

Nah berikutnya saya paksakan jadi analogi hidup...
Dalam hidup ini kita tentunya tidak lepas dari interaksi sosial seperti halnya dalam sistem P2P. Apalagi sebagai makhluk ber Tuhan, kita tentu percaya bahwa Allah akan memberikan sesuatu kepada kita, jika kita sebagai hambanya "memberikan" (melaksanakan) kewajiban ibadah kita kepada Allah. Kita juga paham bahwa segala sesuatu yang kita berikan kepada orang lain merefleksi kepada kita sendiri. Misalkan, kalau kita memberikan keburukan kepada orang lain, maka kelak akan mendapatkan hal buruk. Sedangkan kalau kita memberikan kebaikan kepada orang lain, maka kelak kita akan mendapatkan kebaikan dari orang lain tersebut....
Sebenernya lebih tepat istilahnya adalah Give-will-Get, kalau kita mampu memberikan yang terbaik dari kita kepada Allah dan sesama makhluk secara ikhlas  (tanpa memandang apakah makhluk itu telah memberikan sesuatu kepada kita, dan bukan karena mengharapkan timbal balik seperti pada Give-to-Get), insyaAllah akan diberikan balasan berupa kebaikan pula (walaupun tidak secara langsung)...

Seperti yang ada pada lirik salah satu lagu Keane....
This life, is lived in perfect symmetry...
What I do, that will be done to me....

Referensi
[1] Mol, J. J. D., Pouwelse, J. A., Meulpolder, M., Epema, D. H., & Sips, H. J. (2008). Give-to-get: Free-riding-resilient video-on-demand in p2p systems.Proceeding of the 15th SPIE/ACM Multimedia Computing and Networking (MMCN’08).

No comments: