Sunday, November 9, 2014

Membingkai Surga dalam Rumah Tangga

Bismillah,
Sebenernya saya mendapatkan buku ini berawal dari tidak kesengajaan saya waktu ke Gramedia beberapa waktu lalu. Unplanned book hunting lebih tepatnya, ketika saya secara iseng-iseng pergi ke Gramedia cuman buat baca-baca buku saja, sambil nungguin waktu janjian ketemu temen kampus yang lagi nganterin mahasiswa buat event lomba.

Well, saya tidak akan bahas tragedinya gimana, yang jelas buku ini menarik minat saya untuk membelinya. Kalau gak salah buku ini adalah buku ke-5 yang membahas topik pernikahan dan rumah tangga yang berhasil saya beli (hehehehe, maklum lagi pengen banyak belajar tentang topik ini :D), setelah beberapa bulan sebelumnya berhasil mendapatkan buku karya Ustadz M. Fauzil Adhim berjudul "Kado Pernikahan untuk Istriku", hehehehe.

Ok langsung saja, "Membingkai Surga dalam Rumah Tangga". Buku ini ditulis oleh Aam Amiruddin (ustadz Aam yang sering muncul di tipi itu lho), dan Ayat Priyatna Muhlis. Secara garis besar buku ini menceritakan tentang segala hal yang berkaitan dengan pernikahan dan kehidupan rumah tangga. Buku ini memberikan wawasan kepada kita tentang masalah seluk beluk pernikahan dan liku-liku rumah tangga dipandang dari sudut kajian agama. Nah menariknya jika dibanding dengan buku lainnya yang sejenis, pembahasan buku ini sangat praktis dan to the point. Di samping itu diberikan contoh beberapa studi kasus masalah, topik tertentu baik di pernikahan maupun di kehidupan rumah tangga, beserta solusi-solusi yang diberikan dengan memandang dari sudut agama Islam. Dalil-dalil yang diberikan di buku ini pun juga jelas dan shahih sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah. Gaya bahasa yang disampaikan pun mudah dipahami dan tidak bertele-tele.

Nah, untuk masalah topik bahasan, ada beberapa hal yang dibahas di dalam buku ini, yaitu:

  • Bahasan tentang manajemen cinta, dan tahapan pranikah
  • Bahasan tentang seluk beluk pernikahan
  • Bahasan tentang seluk belum kehidupan rumah tangga, mulai dari kewajiban suami terhadap istri, kewajiban istri terhadap suami, romantika hubungan suami istri, dll... termasuk studi kasus ketika terjadi prahara dalam rumah tangga.
Oh iya satu lagi, buku ini gak tebel kok, cuman 186 halaman, tapi menurut saya InsyaAllah dapat memberikan wawasan dan ilmu bagi saya dalam mengarungi samudra rumah tangga (cieeeee....). Walaupun sebenernya saya sakin masih banyak buku-buku serupa yang memberikan bahasan lebih detail, tapi buku ini cukup menarik dan memberikan ilmu, terutama bagi orang yang awam dan pemula (dalam kehidupan rumah tangga..) seperti saya, hehehehehe....

That's all rangkuman bukunya, untuk detailnya silahkan beli sendiri ya, atau bisa pinjem ke saya asalkan nanti dikembaliin, maklum istri belum baca, hehehehe...
Yang penting tiada lelah untuk belajar......

Salam,

No comments: