Friday, April 18, 2014

Trusty Tahr, seperti apa nanti?

Bismillah,

Hari ini, eh lebih tepatnya kemarin 17 April 2014, Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr, secara resmi di-release. Sebenernya pengen nyobain Ubuntu baru ini, karena berharap permasalahan sebelumnya dari laptop yang saya install Ubuntu ini ada solusinya.
Awalnya saya menggunakan ubuntu 13.10, nah ada permasalahan yang muncul ketika saya menggunakan ubuntu ini:

  • Ketika tombol yang mengatur brightness saya tekan-tekan untuk mengurangi pencahayaan yang default-nya 100% tiba-tiba jadi layar jadi hitam dan dekstop mengalami freezing, jadi tidak bisa diapa-apain dan terpaksa harus di matikan dengan menekan tombol power. Pun demikian ketika saya coba setting brightness di "All Setting"
Untuk yang lain hampir tidak ada masalah, driver tambahan seperti VGA ATI dan wireless Broadcom  OK, malah saya bisa menjalankan package ap-hotspot, sehingga lepi saya bisa jadi access point untuk perangkat yang lain.

Nah karena permasalahan sebelumnya itu akhirnya saya coba turun level ke 12.04 LTS yang katanya lebih stabil. Setelah coba install memang untuk ukuran dekstop terasa lebih ringan dibandingkan dengan 13.10, walaupun sama-sama pakai Unity, namun permasalahan tetep saja muncul:
  • Permasalahan sebelumnya tentang tombol brightness belum ada solusi
  • Saya install driver VGA ATI malah permasalahan diatas semakin menjadi-jadi
  • Saya install driver wireless Broadcom malah seringnya gak bisa mendeteksi wireless access point yang lagi aktif
  • Dan yang terakhir yang bikin saya kecewa, saya tidak bisa menjalankan package ap-hotspot dikarenakan katanya wireless adapter-nya gak mendukung access point. Begitupun setelah saya install driver untuk wireless :(
Sekarang Ubuntu yang baru sudah release, Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr, kira-kira seperti apakah nanti? Apakah permasalahan-permasalahan diatas bisa ditangani? Pengen nyoba sebenernya, cuman lagi males re-install + ribet tesis :p
Oh ya, kalau mau donlot iso-nya bisa disini http://www.ubuntu.com/download/desktop
Ndak tau kalau repositori lokal apakah sudah ada belum, mestinya udah ada

Catatan:
akhir-akhir ini permasalahan brightness diatas tidak muncul lagi semenjak terakhir update. Jadinya sementara saya masih tetap pakai 12.04 LTS

No comments: