Friday, August 23, 2013

Error sewaktu nge-"build" Oversim

Sebelumnya saya perkenalankan dulu dengan Oversim. Oversim ini adalah semacam tools yang menyediakan simulasi bagi jaringan/ aplikasi Peer-to-Peer (P2P). Hmmm, apa itu P2P? P2P merupakan suatu model jaringan dimana masing-masing komputer yang terlibat di dalamnya dapat bertindak sebagai penyedia layanan/ data maupun pemakai layanan/ data tersebut. Contoh sederhananya seperti Bittorrent dan Gnutella. (kalau suka donlot pilm-pilm pasti tau deh aplikasi ini).
Ok, saya tidak akan membahas lebih detail aplikasi ini, karena saya pengen "curhat" :p
Beberapa waktu kemarin (udah 3 mingguan) dipusingkan dengan error sewaktu nge-build Oversim. Nah Oversim ini biar bisa jalan butuh environment pendukung, yaitu Omnet++ dan INET. Omnet++ merupakan environment untuk membuat simulasi jaringan komputer, sedangkan INET menyediakan environment dasar untuk mensimulasikan beberapa macam protokol dasar, seperti IPv4, IPv6, dll.
Nah, berulang kali saya mencoba melakukan build ketiga environment tadi secara berurut, yaitu Omnet++, INET, dan Oversim. Untuk Omnet++ tidak ada masalah, akan tetapi untuk INET dan Oversim muncul error seperti ini


Sudah berulang kali membaca manual instalasi, tetep aja muncul seperti itu, sampai berganti OS dari Win7 ke Linux juga tetep error-nya. Sampai beberapa waktu yang lalu juga pernah mengutak atik source program tetep aja sama. Alhasil, sudah hampir mutung (putus asa) mencari solusi untuk error tersebut, sementara di beberapa forum tidak menemukan solusinya.
Akhirnya nemu beberapa blog yang memuat tulisan tentang manual build Oversim. disini ini alamatnya.
Setelah dibaca dengan teliti akhirnya sadar kesalahannya apa. Ternyata versi Omnet++ yang saya gunakan sebelumnya terlalu tinggi, sehingga tidak di support sama INET dan Oversim yang saya gunakan.
Kira-kira tulisannya seperti ini
"Please note that the current version of Oversim only supports Omnet++ 4.1, and not Omnet++ 4.2 or later"
Dimana yang versi yang saya gunakan di Oversim-nya adalah 20101019. Oh iya satu lagi, untuk INET-nya saya menggunakan INET yang sudah di-patch untuk Oversim dengan versi 20101103, jadi sebenernya kita tinggal build dan makai aja. Alhamdulillah semua sudah di-build dengan sukses dan berhasil dijalankan simulasinya setelah mengikuti petunjuk tadi.

That's all curhatan saya :p, kesimpulannya cuman satu, telitilah membaca sebelum memulai :p
Sori kalau bahasanya terlalu teknis, kalau bingung Googling aja atau bisa buka tautan-tautan diatas ^^v


No comments: